Home Umum Alhamdulillah, Jokowi Siap Beri Beasiswa Santri Berprestasi

Alhamdulillah, Jokowi Siap Beri Beasiswa Santri Berprestasi

27
0
SHARE

[GP-Ansor.org] – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, pemerintah akan memberikan beasiswa kepada siswa berprestasi di pondok pesantren Sumenep, Madura, Jawa Timur. Hal itu akan diberikan melalui proses seleksi kepada para siswa terbaik. 

“Kami akan beri beasiswa. Karena yang kami tuju, perguruan tinggi terbaik bagi siswa santri dari Madura,” ujar Jokowi di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, Sumenep, Minggu (8/10). 

Rencana itupun langsung dikoordinasikannya bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno. 

Menurutnya, beasiswa memang diperlukan untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM), terutama generasi muda Indonesia, supaya mampu bersaing dalam 15-20 tahun mendatang. Terlebih, persaingan global sudah di depan mata. Persaiangan bebas di ASEAN sendiri, katanya, terutama dalam hal lapangan pekerjaan sudah dimulai sejak tahun lalu. 

“Kita memiliki SDA. Kalau SDM tidak dibenahi, kalah bersaing kita karena sekarang negara tanpa batas,” tutur mantan Gubernur DKI Jakarta ini. 

Jokowi menyatakan, pada dasarnya anak muda Indonesia pintar sebab kerap memenangkan pertandingan dan olimpiade internasional. Indonesia akan memenangkan kompetisi dan menguasai pasar apabila generasi muda benar-benar dipersiapkan matang dan difondasi dengan karakter baik. 

“Jangan takut dengan mereka (negara lain). Jangan kebalik-balik tapi harus dipersiapkan dengan baik,” tutur mantan Wali Kota Solo ini. 

Dalam Kunjungan Kerja Jokowi ke Jawa Timur kali ini, Jokowi mengagendakan kedatangannya di tiga pondok pesantren di Kabupaten Sumenep. Yakni, Ponpes Annuqoyah Guluk-Guluk, Ponpes Al-Amin di Kecamatan Pragaan, dan Ponpes Al-Karimiyah. 

Terkait santri, Jokowi sebelumnya memberi keistimewaan dengan pencanangan Hari Santri setiap 22 Oktober, sejak 2015. Untuk peringatan tahun ini, PBNU mengusung tema Meneguhkan Peran Santri dalam Bela Negara, Menjaga Pancasila, dan NKRI.

Sumber: [cnnindonesia.com].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here