Home Pengetahuan Doa Rasulullah saat Kendaraan Selip

Doa Rasulullah saat Kendaraan Selip

96
0
SHARE

Suara NU – Suatu kali kita mengalami kesulitan saat mengendarai motor, mobil, atau kendaraan lainnya. Kita kesulitan mengendalikan kendaraan tersebut karena masalah mesin atau selisih jalan dengan kendaraan lain sehingga kita hampir mengalami kecelakaan.

Dalam menghadapi kendaraan selip, kita dianjurkan untuk mengucapkan kalimat yang baik-baik, bukan umpatan-umpatan kasar atau kotor. Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk membaca bismillah dalam posisi sulit seperti itu.

روينا في سنن أبي داود عن أبي المليح التابعي المشهور عن رجل قال: كنت رديف النبي صلى الله عليه وسلم فعثرت دابته فقلت: تعس الشيطان ،فقال: لا تقل تعس الشيطان، فإنك إذا قلت ذلك تعاظم حتى يكون مثل البيت ويقول: بقوتي، ولكن قل : بِسْمِ اللهِ، فإنك إذا قلت ذلك تصاغر حتى يكون مثل الذباب

Artinya, “Diriwayatkan kepada kami di kitab Sunan Abu Dawud dari Abul Malih, seorang tabiin terkenal, dari salah seorang sahabat, ia berkata bahwa ia pernah menumpang ikut dalam kendaraan Rasulullah SAW. Di tengah jalan kendaraan itu mengalami selip. Saya spontan mengucap, ‘Celaka setan.’ Rasulullah SAW mengingatkan, ‘Jangan berkata, ‘Celaka setan.’ Kalau kaukatakan, ia akan membesar hingga sebesar rumah dan ia akan berkata, ‘Demi kekuatanku.’ Tetapi ucaplah, ‘Bismillah.’ Kalau kaukatakan itu, maka setan akan mengecil sampai seukuran seekor lalat,’” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, Kairo, Darul Hadits, 2003 M/1424 H, halaman 290).

Dengan doa ini, kita berharap Allah memberikan keselamatan kepada kita selama berkendaraan dari segala macam bentuk gangguan dan kemungkinan kecelakaan. Wallahu a‘lam. (Alhafiz K/NU Online)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here