Home Pengetahuan Habib Luthfi Kembali Didaulat Pimpin Organisasi Thariqah NU Sedunia

Habib Luthfi Kembali Didaulat Pimpin Organisasi Thariqah NU Sedunia

78
0
SHARE

Suara NU – Habib Luthfi bin Yahya, Rais Aam Idaroh Aliyah Jamiyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN), Selasa (16/1) malam kembali didaulat memimpin JATMAN oleh Majelis Ahlul Halli wal Aqdi (Ahwa) untuk periode lima tahun mendatang.

Keputusan sidang Ahwa yang dipimpin oleh Habib Luthfi bin Yahya berlangsung cukup singkat setelah terbentuk 9 anggota Ahwa melalui rapat Majelis Ifta’ di Gedung Kanzus Sholawat Pekalongan, Selasa (16/1).

Sembilan anggota Ahwa yakni KH Martain mewakili Jawa Timur, Bali dan NTB, KH Zaini Mawardi mewakili Jawa Tengah dan DIY. Selanjutnya DR KH Eep Nuruddin mewakili Jawa Barat, kemudian DKI dan Banten diwakili oleh KH Zaenuddin.

Untuk Sumatera diwakili oleh Habib Yahya Al-Jufri, Kalimantan KH Mahron Yasin, Sulawesi dan Indonesia Timur KH Andi Hidayat. Kemudian untuk perwakilan Habaib diisi oleh Abdurrohim Assegaf dan Idaroh Aliyah JATMAN Habib Luthfi bin Yahya.

Terpilihnya Habib Luthfi bin Yahya dianggap oleh muktamirin yang mengikuti sidang majelis Ifta’ tidak terlalu mengejutkan. Pasalnya, dalam tradisi di ketarekatan, selama Rais Aam JATMAN masih hidup, maka kepemimpinan JATMAN akan selalu berada dipundaknya dan muktamar adalah forum pengukuhan kembali sesuai aturan organisasi. 

Sebagaimana diketahui, untuk pertama kalinya Habib Luthfi bin Yahya dipercaya menjadi Rais Aam ialah pada Muktamar IX yang berlangsung di Pekalongan tahun 2000, pada Muktamar berikutnya tahun 2005 di tempat yang sama juga terpilih menjadi Rais Aam, demikian pula pada Muktamar XI di Malang Jawa Timur Habib Luthfi dipercaya kembali pimpin JATMAN.

Sementara untuk pengumuman pengisian jabatan Mudir dan Wakil Mudir Aam akan disampaikan pada saat penutupan Kamis (18/1) besok oleh Menteri Agama Republik Indonesia H Lukman Hakim Saifuddin.

Agenda Muktamar XII JATMAN hari ini ialah sidang pleno hasil sidang sidang komisi dan ceramah Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian berlangsung di Pendopo lama Kabupaten Pekalongan di Jalan Nusantara 1 Kota Pekalongan. (Abdul Muiz/Fathoni/NU Online)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here