Home Umum Habib Umar bin Hafiz, Ulama Besar yang Hafal 100 Ribu Hadis Abad...

Habib Umar bin Hafiz, Ulama Besar yang Hafal 100 Ribu Hadis Abad Ini

47
0
SHARE

Siapakah Ulama Abad ini yang mendapat gelar AL HAFIZ??

Beliaulah Guru mulia Al Habib Umar bin Hafizd.

Al Hafiz adalah sebuah gelar Agung yang di peruntukkan bagi Ulama yang hafal 100.000 ribu hadis beserta sanad dan matannya.

Di zaman dahulu ada banyak ulama yang mencapai derajat ini, namun dijaman sekarang sudah sangat langka.

Perlu diketahui, yang dimaksud hapal hadits disini bukanlah hanya hapal matannya saja (Rasulullah saw bersabda: bukan dari situ,  Namun juga harus mampu hapal dengan nama-nama perawi di rantai sanadnya (dari fulan yang mengabarkan dari fulan, dari fulan, dari fulan, dst sampai kepada Rasulullah), juga hapal tahun lahir perawinya, keadaan hidupnya, asalnya dan sebagainya.

Sedangkan satu hadits yang pendek saja, bisa menjadi dua halaman bila disertai hukum sanad dan hukum matannya.

Al Habib Umar bin Hafidh, beliau adalah salah satu ulama yang mampu mencapai derajat Al Hafidh di abad ini. Beliau hapal 100.000 hadits lebih beserta hukum-hukum sanad dan matannya secara keseluruhan.

Untuk mencapai derajat Al hafidh di abad 21 ini bukanlah perkara gampang. Dimana jumlah hadits diatas muka bumi yang bertebaran di kitab-kitab jika di kumpulkan tidak mencapai 100.000 hadits!.

Artinya jika kita berusaha mengumpulkan seluruh buku hadits yang ada sekarang, jumlah keseluruhan haditsnya tak akan mencapai 100 ribu hadits.

Kita lihat, misalnya, Kitab Shahih Bukhari haditsnya berakhir di nomor 7.124 (jika ada pendapat lain pun jumlahnya tidak akan jauh dari angka tsb)

Ulama Besar yang Hafal 100.000 Ribu Hadis Abad Ini
Ulama Besar yang Hafal 100.000 Ribu Hadis Abad Ini

Kitab Shahih Muslim berakhir di hadits no 3.033 (sebagian pendapat mengatakan sekitar 5000an)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here