Home Pengetahuan Ibu Negara Afghanistan Mengagumi Ideologi Pancasila yang Dianut Indonesia

Ibu Negara Afghanistan Mengagumi Ideologi Pancasila yang Dianut Indonesia

27
0
SHARE

Suara NU – Ibu Negara Afghanistan Rula Ghani menyatakan kekagumannya atas ideologi Pancasila yang dianut Indonesia.

Hal ini disampaikan Rula Ghani saat bertemu Presiden Joko Widodo di Ruang Kerja Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (5/12/2017) sore.

Keduanya berbincang mengenai membangun perdamaian dunia. Rula Ghani kagum bagaimana lima sila tersebut dipegang teguh masyarakat Indonesia sehingga dapat menyatukan masyarakat yang bersuku-suku serta beragam agama dan bahasa.

“Beliau menyampaikan mengenai Pancasila sebagai perekat Indonesia,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, seusai pertemuan.

Ibu Negara Afghanistan berharap dapat belajar banyak dari Indonesia tentang bagaimana mengelola perbedaan. Pasalnya, perang di Afghanistan akibat perbedaan sejak 40 tahun silam hingga saat ini tidak kunjung selesai.

Afghanistan ingin melihat bagaimana Pemerintah Indonesia, khususnya masyarakat Indonesia, mampu bangkit dan bersatu lagi menyelesaikan konflik suku dan agama yang pernah melanda beberapa daerah di Tanah Air.

“Dan tentu saja atas permintaan dari Afghanistan, Indonesia memiliki komitmen tinggi untuk meningkatkan kerja sama di dalam konteks peace bulding,” ujar Retno.

Salah satu bentuk kerja sama tersebut adalah pertukaran ulama. Pertukaran ulama tersebut melibatkan organisasi massa Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU).

Retno menjelaskan, pertukaran ulama seperti ini sebenarnya bukan hal baru. Sebelumnya, NU telah menjalin kerja sama dengan sejumlah ulama Afghanistan. Dengan kerja sama ini, pertukaran pemikiran pun dapat menjadi lebih efektif.[kompas.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here