Home Hikmah Inilah Orang-orang yang Dibenci Iblis dan yang Disukai Iblis, anda yang Mana?

Inilah Orang-orang yang Dibenci Iblis dan yang Disukai Iblis, anda yang Mana?

95
0
SHARE

Menolak nasehat Ibliz dan meminta Penjelasan kepadanya

Suatu ketika, Iblis jagongan dengan Nabiyulloh Yahya bin Zakariyya ‘alaihimassalaam. Dikesempatan itu, Iblis bermurah hati menawarkan untuk memberikan Nasehat kepada Nabi Yahya. Tapi beliaunya menolak dengan halus, “LAA URIIDU DZAALIK ( aku tidak butuh nasehatmu), walâkin akhbaranî ‘an ahwâli banî Âdama ‘indakum.” Beliau menolak tawaran Nasehat Ibliz tidak serta merta menganggap Ibliz tidak berguna sama sekali. Bahkan, beliau meminta penilaian Ibliz tentang keadaan Anak cucu Adam secara keseluruhan.

Atas permintaan Nabiyullah Yahya tersebut, Ibliz menjawab :

“Anak cucu Adam dalam penilaianku terbagi menjadi tiga golongan. Golongan pertama, mereka adalah orang2 yang selalu membuat aku kecewa dan putus asa, bagaimana tidak, mereka sudah kami bombardir dengan segala muslihat dan fitnah, tapi baru sedikit salah jalan mereka lantas beristighfar kepada Allah, untuk golongan ini kami terus terang angkat tangan. Golongan yang kedua, adalah golongan yang terdiri dari orang-orang seperti anda inilah wahai Nabiyullah Yahya. Kalian terprotek dari godaan-godaan kami, hingga kami tidak mampu berbuat apapun pada kalian.
Dan yang terakhir, adalah golongan dari mereka penghamba nafsu. Mereka bagi kami layaknya bola, yang bisa kami permainkan sekehendak kami.

Kitab Annawaadir lil Qalyubi via FP Santrionline

Sumber: muslimoderat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here