Home Pengetahuan Kehadiran Ulama Besar Syiria dan Mesir pada Muktamar Jatman XII

Kehadiran Ulama Besar Syiria dan Mesir pada Muktamar Jatman XII

127
0
SHARE

Suara NU – Maulana Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan tadi malam (14/01/2017) menyambut kedatangan para tamu dari luar negeri dalam rangka Muktamar JATMAN ke 12 di Pekalongan Jateng. Dalam suasana sangat hangat dan penuh dengan kerinduan, mereka bertemu setelah jenjang waktu cukup lama tidak kunjung ke Indonesia. Mereka adalah para masyayikh, mufti dan ulama dari negeri Syiria dan Mesir.

Bagi Habib Luthfi para tamu tersebut adalah keluarga dan santri dari seorang guru besar asal Syiria, yakni almarhum DR. Syaikh Rajab Dieb. Tidak ada masalah yang mereka perbincangkan dalam waktu yang cukup singkat itu kecuali masalah umat, mahabbah kepada Nabi Saw., pengalaman spiritual mereka dengan Rasulullah Saw. serta pesan orangtua dan guru mereka almarhum DR. Syaikh Rajab Dieb tentang Maulana Habib Luthfi. Keempat ulama asal Syiria tersebut adalah Syaikh Umar Rajab Dieb, Syaikh Mahmud Syahadah, Syaikh Adnan al-Afyuni dan Syaikh Muhammad Rajab Dieb.

Dalam waktu yang sama, malam digelarnya acara Muktamar JATMAN ke 12 di kota Batik Pekalongan, Habib Muhammad Luthfi Bin Yahya juga menyambut kedatangan seorang ulama dan guru besar Thariqah Syadziliyah dan Qadiriyah dari negeri Piramid Mesir. Beliau adalah DR. Syaikh Yusri Rusydi Jabr al-Hasani, seorang guru besar ilmu tasawuf dan thariqah, penulis produktif, imam besar serta khatib di kota Muqatham Mesir. Banyak hal yang dibicarakan oleh keduanya dalam pertemuan yang sangat singkat tersebut terutama masalah sufi, tasawuf dan thariqah.

Syaikh Yusri Rusydi al-Hasani berkunjung ke kediaman Maulana Habib Muhammad Luthfi Bin Yahya didampingi oleh keluarga dan para santrinya dengan agenda ceramah yang cukup padat di berbagai kota di Indonesia. (Dishare dari Habib Muhdor Ahmad Assegaf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here