Home Pengetahuan Nanti Malam Memasuki Tahun 2018, Bacalah Doa Akhir dan Awal Tahun ini

Nanti Malam Memasuki Tahun 2018, Bacalah Doa Akhir dan Awal Tahun ini

105
0
SHARE

Suara NU –  Tahun 2017 sebentar lagi ditinggalkan, dan 2018 bakal disongsong. Berbagai cara dilakukan orang untuk menyambut malam pergantian tahun.

Namun, ada baiknya menyambut tahun baru 2018, dengan banyak berdoa dan memikirkan hal yang positif.Nah, terkait tahun baru, ada doa yang cocok dibaca saat pergantian tahun, meskipun sebenarnya lebih pas saat tahun baru hijriyah.Doa Akhir TahunAda baiknya kita mengakhiri tahun ini dengan memanjatkan doa dan minta pengampunan.Seperti dilansir laman NU.or.id, berikut ini doa yang dibaca Rasulullah SAW pada akhir tahun (meskipun seharusnya untuk kalender hijriah).

Doa Akhir Tahun
Doa Akhir Tahun (NU.or.id)

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik.Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.Terjemahannya berikut ini.Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu.Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu.Ampunilah aku.Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu.

Janganlah pupuskan harapanku.Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.Doa Awal Tahun

Doa Awal Tahun
Doa Awal Tahun 

Bismillaahir-rahmaanir-rahiim. Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwalu, wa ‘alaa fadhlikal-’azhimi wujuudikal-mu’awwali, wa haadza ‘aamun jadidun qad aqbala ilaina nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa’ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu’i wal-isytighaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa arhamar-raahimin, wa sallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallamDengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam (belas kasihan dan kesejahteraan) kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau. Ya Allah ! Engkau Zat Yang Kekal, yang tanpa Permulaan, Yang Awal (Pertama) dan atas kemurahan MU yang agung dan kedermawanan MU yang selalu berlebih, ini adalah tahun baru telah tiba : kami mohon kepada MU pada tahun ini agar terhindar (terjaga) dari godaan syaitan dan semua temannya serta bala tentara (pasukannya), dan (kami mohon) pertolongan dari godaan nafsu yang selalu memerintahkan (mendorong) berbuat kejahatan, serta (kami mohon) agar kami disibukkan dengan segala yang mendekatkan diriku kepada MU dengan sedekat-dekatnya. Wahai Zat Yang Maha Luhur lagi Mulia, wahai Zat Yang Maha Belas Kasih![tribunnews.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here