Home Umum Satu Milyar Shalawat Nariyah di Hari Santri Nasional, Hadiah Terindah Untuk Negeri...

Satu Milyar Shalawat Nariyah di Hari Santri Nasional, Hadiah Terindah Untuk Negeri Ini

32
0
SHARE

[GP-Ansor.org] – Santri, istilah yang tidak asing ditelinga kita. Banyak anggapan di negeri ini, bahwa Santri merupakan tonggak benteng bagi Bangsa ini. Ya, melalui do’a tentunya. Kiprah santri sangat di perlukan untuk kemajuan dan kedaulatan bangsa ini suatu saat nanti. Sehingga, campur tangan santri sangat di butuhkan untuk bangsa ini.

Hanya di Indonesia, negara yang mayoritas muslimnya berstatus sebagai “Santri”. Hanya di Indonesia pula seorang santri mampu memimpin “Nahkoda” negeri. Ya, karena di Indonesia terdiri dari ribuan bahkan jutaan pesantren yang awal mulanya di dirikan oleh “The Spiritual Father of Walisongo” yakni, Syaikh Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik).
Santri, yang selalu identik dengan pondok pesantren telah banyak memberikan kontribusi untuk bangsa yang kita cintai ini, termasuk kemerdekaan untuk bangsa ini. Baik kemerdekaan fisik maupun moral. Sehingga santri merupakan bidang yang amat di minati oleh umat muslim di Indonesia.

Hari Santri (22 Oktober) akan segera tiba. Sebuah moment terindah bagi Saentero (seluruh) santri Nusantara. Ya, semenjak tahun 2015 lalu, Presiden Joko Widodo telah memutuskan dan menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional (HSN).
Mengingat momentum tepat pada tanggal 22 Oktober 1945 telah berkumandangnya seruan “Resolusi Jihad” yang di prakarsai oleh Hardatussyaikh KH. Hasyim Asy’ari. Didalam salah satu poin pentingnya, berisi seruan-seruan kewajiban seluruh Santri di Indonesia, untuk berjihad melawan pihak kolonial demi kemerdekaan Indonesia.
Kala itu, dunia di gemparkan oleh semangat para santri untuk membela tanah air tercintanya.. Hal ini membuktikan bahwa di dalam jiwa raga seorang santri ketika masa itu, telah tertancap keyakinan Kalau “Hubbul Wathon Minal Iman” (Cinta Tanah Air Merupakan Sebagian Dari Iman) dan “Membela Tanah Air merupakan suatu kewajiban”.

Mengapa Perlu Memperingati Hari Santri Nasional?
Sebuah pertanyaan yang ancapkali keluar dari pemikiran orang awam. Seperti ketika 17 Agustus, kita selalu memperingati Hari Kemerdekaan RI. Ya, begitu pula pada 22 Oktober, Santri turut andil memperingati Hari Kemerdekaan RI dengan mengingat ‘Jashijau’ (Jangan Sekali-kali Menghilangkan Jasa Ulama), yaitu para pahlawan dari kalangan Ulama dan Santri yang ikut berjuang pada 22 Oktober 1945.
Peringatan Hari Santri Nasional ini juga sangat penting. Selain sebagai moment “Nostalgia” terhadap kisah perjuangan Santri untuk NKRI, peringatan ini sekaligus menjadi momentum yang tepat untuk mengkokohkan semangat jiwa Nasionalisme di kalangan Santri, mengkokohkan semangat jiwa Santri Cinta Tanah Air, Santri Bela Negara, serta Santri Menjaga Pancasila dan NKRI. Karena, Santri merupakan benteng terakhir yang ada di NKRI. Oleh karenanya, Santri juga harus ikut andil dan aktif untuk menjaga dan mencintai NKRI.

Apa Saja Event Hari Santri Nasional ini?
Pada perayaan HSN nanti, seantero Nusantara di pusatkan pada satu kegiatan teristimewa yang pernah ada di Indonesia. Kado terindah dari para Santri untuk Bangsa Indonesia, yakni pembacaan dzikir dan satu Milyar Sholawat Nariyah yang akan serentak dibacakan pada  21 Oktober pukul 19:30 sampai dengan pukul 22:30. Gemuruh kedamaian akan terasa hingga lubuk hati dan jiwa kita.
Dengan pembacaan dzikir dan Satu Milyar Sholawat ini, diharapkan dapat menjadi salah satu do’a keselamatan, keberkahan dan kedamaian untuk Bangsa Indonesia supaya menjadi banga yang kuat, makmur, sejahtera dan menjadi bangsa yang damai dan terbebas dari segala macam ancaman malapetaka maupun marabahaya.
Dengan pembacaan dzikir dan satu milyar Sholawat Nariyah ini diharapkan menjadi ladang do’a dan semangat juang para santri untuk mampu ikut serta dalam berkiprah memperjuangkan Islam ‘Ahlusunnah Wal Jamaah’ dan memperjuangkan bumi pertiwi, NKRI.

Dengan event ini pula, akan menjadikan suatu pemahaman baru. Bahwa, Santri merupakan bagian dari NKRI, dan Santri akan selalu turut berkiprah dalam menjaga dan meperjuangkan Bangsa Indonesia.

Brovo Santri !
Banggalah menjadi Indonesia
Banggalah menjadi Santri Nusantara
Selamat menyambut hari Santri Nusantara
Bhakti kami dari santri untuk Bangsa. Santri Mandiri, NKRI Hebat!.

Dishare dari Vinanda Febriani

Sumber: muslimoderat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here