Home Pengetahuan Subhanallah! Inilah Akhlak Mulia Habaib Muda yang Harus Diteladani

Subhanallah! Inilah Akhlak Mulia Habaib Muda yang Harus Diteladani

119
0
SHARE

Suara NU – Guru tidak hanya menurunkan ilmu tapi juga akhlak. Ungkapan ini tepat bila melihat tiga habib muda dengan pengikut yg luar biasa banyak. Mereka dicintai karena tutur katanya yang lembut, tegas berilmu, menyejukkan jauh dari kebencian dan caci maki baik sesama Muslim atau sesama makhlukNya.

Mereka adalah

1. Habib Ali al Jufri

2.(Alm.) Habib Munzir al Musawa (Majelis Rasulullah) dengan ratusan ribu jamaah.

3.Habib Jindan bin Novel

Ketiganya memiliki kesamaan yaitu menghabiskan banyak waktu bertahun-tahun di majelis ilmu dan dzikir bukan di jalan atau besar karena berpolemik. Saya semakin yakin, semakin alim seseorang, semakin tertata hatinya dan semakin takut dengan Sang Khaliq, yang keluar darinya adalah kata-kata penuh cinta dan perangai mulia. Bahkan fitnah terhadap mereka dihadapi dengan doa bukan cacian, apalagi mendoakan hal buruk terhadap sesama Muslim. Mirip dengan Kakeknya Baginda Rasulullah saw yang tetap mendoakan orang yang menghina Rasul.Tak heran, yang awalnya mencaci Nabi menjadi pengikut Nabi yang paling setia.

Ada jutaan keturunan Nabi. Habib adalah keturunan Nabi yang dicintai karena ketakwaan, Ilmu dan akhlak. Inilah patokannya dan Muslim sangat mencintai Habib atas dasar ini. Saat ini, ada beberapa kelompok yang mengaku paling mencintai Habib, tapi di saat yang sama juga mencaci Habib Jindan yang ramah hanya karena bersedia berceramah di Istana pada acara Maulid Nabi, orang-orang itu pula yang entengnya menghina Habib Quraish Shihab dan kiai-kiai dzurriyah rasul meski mereka tidak (mau) dipanggil Habib. Penghormatan terhadap Rasul bukan hanya pada kita menyematkan gelar “habib” tapi taat pada ajaran dan akhlak Nabi.

Satu hal yang menarik, yaitu genealogi keilmuwan dan source of knowledge Habaib di lndonesia. Karena guru tidak hanya menurunkan ilmu tapi juga akhlak. Tidak heran melihat ketiga Habib muda menyejukkan di atas, guru mereka adalah ulama alim, menentramkan, dan menghargai muslim yang berbeda, bahkan ketika disapa oleh non Muslim beliau tak henti menebar senyum dan ramah. Siapakah beliau? Beliau adalah Habib Umar bin Hafiz. Ketiga Habib muda di atas adalah santri angkatan awal Habib Umar tahun 1993. Tidak main-main, Habib Umar hafal seratusan ribu hadis beserta sanadnya. Andai dakwah Nabi itu kasar, pastilah Habib Umar sangat kasar, ternyata tidak, dakwahnya sangat menyejukkan.

Tak salah, dalam jajaran top 50 Muslim paling berpengaruh dunia, Habib Umar diposisikan nomor 10. Mohon jangan salah baca, sekali lagi top 50 muslim SEDUNIA bukan se Petamburan, eh!

Dishare dari Mahbub Hefdzil Akbar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here