Home Pengetahuan Syaikh Wahbah Zuhaili: Gerakan Khilafah Diserukan Oleh Orang-Orang yang Tidak Paham Islam

Syaikh Wahbah Zuhaili: Gerakan Khilafah Diserukan Oleh Orang-Orang yang Tidak Paham Islam

24
0
SHARE

Suara NU – Upaya pendirian khilafah Islam dan negara Islam hanya didengungkan oleh mereka yang tidak mengerti Islam, kata ulama asal Syiria Syekh Wahbah Az-Zuhaili. Ia tidak sepakat dengan gerakan itu. Karena, menurutnya, gerakan ini kerap memicu kekerasan dan konflik di tengah umat.Demikian jawaban Syekh Wahbah saat ditanya perihal keharusan mendirikan khilafah Islam dan negara Islam oleh akademisi STAI Sunan Drajat Lamongan Lujeng Luthfiyah, peserta seminar internasional bertajuk Membangun Landasan Pemikiran Moderat dalam Politik, Ekonomi, dan Kebudayaan, Sabtu (29/3/2014).

Gerakan ini, tegas Syekh Wahbah di area seminar internasional ICIS di pesantren Salafiyah Syafi’iyyah Sukorejo, Banyuputih, Situbondo, hanya didukung oleh kelompok ekstremis. Upaya pendirian khilafah Islam lahirkan banyak teroris.

“Indikasi Islam ekstrem adalah kelompok yang meyakini dirinya sebagai satu-satunya kebenaran. Meyakini cara yang ia tempuh sebagai agama, bukan lagi sekedar teori pemahaman,” kata Syekh Wahbah di hadapan sedikitnya 300 hadirin.

Sementara nilai-nilai yang harus dipedomani umat Islam adalah nilai-nilai moderat Al-Qur’an dan keislaman, bukan nilai-nilai kemanusiaan murni. Karena, nilai kemanusiaan murni hanya lahir dan dibawa oleh misi dari sisa-sisa Perang Salib, tandas Syekh Wahbah. (Muslimedianews)

Upaya pendirian khilafah Islam dan negara Islam hanya didengungkan oleh mereka yang tidak mengerti Islam. Gerakan ini kerap memicu kekerasan dan konflik di tengah umat. Gerakan ini hanya didukung oleh kelompok ekstremis. Upaya pendirian khilafah Islam lahirkan banyak teroris.

Indikasi Islam ekstrem adalah kelompok yang meyakini dirinya sebagai satu-satunya kebenaran. Meyakini cara yang ia tempuh sebagai agama, bukan lagi sekedar teori pemahaman. Sementara nilai-nilai yang harus dipedomani umat Islam adalah nilai-nilai moderat al-Quran dan keislaman, bukan nilai-nilai kemanusiaan murni. Karena, nilai kemanusiaan murni hanya lahir dan dibawa oleh misi dari sisa-sisa Perang Salib.

– Syaikh Wahbah az-Zuhaili dalam Konferensi Internasional di Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo, 29 Maret 2014


elhooda.net 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here