Home Pengetahuan Tak Faham Piagam Jakarta, Eggi Sudjana Di Skak Mahfud MD

Tak Faham Piagam Jakarta, Eggi Sudjana Di Skak Mahfud MD

22
0
SHARE

Suara NU – Tadi malam di ILC, Mahfud MD menyinggung Eggi Sudjana yang menggebu-gebu bicara soal Piagam Jakarta. “Saudara Eggi Sudjana menyebut NKRI yang berdasar Ketuhanan yang Maha Esa dimaknai Allah swt, sebagaimana Piagam Jakarta, itu tidak bisa. Itu bukan tafsir Pancasila. Itu penafsiran bukan hanya bertentangan gramatiknya, tetapi juga fakta historisnya,” kata Mahfud MD.

Memang betul dulu ada Piagam Jakarta. Lalu dicoret, menjadi Ketuhanana yang Maha Esa. Kalau dikatakan harus kembali ke Piagam Jakarta, itu bukan kata Pancisila, tetapi itu pendapat Ki Bagus Hadikusumo (Pendukung Keras Piagam Jakarta red), Islam itu tauhid. Ini berbeda dengan Bung Karno, yang disebut Tuhan Yang maha Esa itu kembali kepada agama masing-masing.

“Perdebatan tentang ini banyak orang tidak paham, jangan-jangan Pak Eggi juga tidak tahu bedanya apa itu syariah hukum, fikh, qonun. Ini masih sangat jauh. Dan kita tidak perlu mundur ke Piagam Jakarta, ini bukan Negara Islam, sehingga tidak bisa berlaku hukum Islam, kecuali bagian (perdata) tertentu yang sudah disahkan menjadi UU,” pungkasnya.

Berikut Video selengkapnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here